Teknik Hidroponik Sistem EBB & FlOW

Sistem Ebb & Flow (Pasang Surut)


Akhirnya sampai pada pembahasan terakhir dari Teknik-teknik di Hidroponik. Menyusul Sistem Aeroponik,Tetes,Wick,NFT,dan Water Culture.Teknik bernama sistem ebb & flow atau bisa disebut sistem "Pasang Surut".

Konsep dari sistem ini adalah Membanjiri bak atau penampung yang berisi tanaman yang sudah dimasukkan ke pot (atau yang lainnya dan tentunya sudah ber-media tanam) dengan air nutrisi selama waktu tertentu,Kemudian air yang membanjiri tadi dialirkan kembali ke bak penampung air nutrisi.

Dalam sistem ini kita mengandalkan pompa air yang sudah timer untuk proses pembanjiran dan penyurutan.Jika pompa menyala maka prose pembanjiran yang terjadi,Bila pompa mati maka proses penyurutan yang terjadi.Jadi pompa air sangatlah penting dalam sistem ini.


Beginilah penampakan dari sistem Ebb & Flow:


Lalu apa saja sih kelebihan dan kekurangan dari sistem ini??

Kelebihan:
o> Suplai Oksigen yang didapat tanaman lebih banyak dan lebih baik karena sistem pasang surut tersebut.

o> Mempermudah perawatan,,karena tidak perlu repot menyiram tanaman.

Kekurangan:
-> Bergantung sekali pada listrik , karena kalau listrik mati pompa jadi tidak berfungsi sehingga proses pasang surut tidak terjadi dan hal tersebut jelas berpengaruh pada akar tanaman.

-> Bekurangnya kualitas nutrisi yang dipompa berkali kali.

Itulah info yang bisa Panchids share kali ini.Semoga bermanfaat untuk anda.Selamat Mencoba Semoga Sukses!!

Salam Panchids!!

Sumber
Terima kasih telah membaca artikel tentang Teknik Hidroponik Sistem EBB & FlOW di blog Panchids Hidroponik jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :