Pengertian Hidroponik + Teknik-Tekniknya

Apa Sih Hidroponik Itu??


Tanaman Hidroponik

Hidroponik merupakan sebuah metode bercocok tanam yang dimana dalam metode tersebut tidak memakai media tanah untuk menanam tanaman, namun sebagai gantinya tanaman memerlukan air yang mengandung nutrisi nutrisi tertentu sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik.Dan untuk media tanam penggantinya bisa menggunakan bahan-bahan yang bersifat porus seperti sterofoam,pasir,dan sebagainya.

Teknik-teknik dalam bercocok tanam secara Hidroponik pun bermacam-macam.Yang setidaknya ada 6 teknik yang akan Panchids share di blog ini.Untuk Permulaan mari kita bahas teknik yang pertama :


Sistem Aeroponik

Dalam sistem aeroponik ini media tanam yang digunakan adalah Udara, Jadi akar tanaman dibiarkan menggantung.Lalu pada akar yang menggantung tersebut akan disemburkan air yang berisi nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman dengan menggunakan irigasi sprinkler.
 

Cara Membuat Sistem Aeroponik :
Persiapkan alat-alat yang dibutuhkan : 
   a. Bibit Tanaman
   b. Sterofoam
   c. Rockwool
   d. Sprinkler
   e. Pompa air
   f. Pipa Paralon & Etilen
   g. Larutan air yang mengandung nutrisi untuk tanaman

Kurang lebih seperti inilah penampakan Hidroponik sistem Aeroponik:

Sistem Aeroponik 1
*KLIK GAMBAR UNTUK MEMPERBESAR*
Sistem Aeroponik 3Sistem Aeroponik 2







Cara Kerja:
Dari ilustrasi ilustrasi diatas sudah terbayang bahwa inti dari cara kerja sistem aeroponik ini adalah sprinkler yang menyemprotkan air nutrisi yang berupa kabut/uap air sehingga tanaman lebih mudah mendapat oksigen dan penyemprotan tersebut diatur oleh timer. Dan jedanya atau Off mode nya tidak boleh lebih dari 15 menit karena tanaman bisa layu atau mati.

Keuntungan:
o> Hemat Air.

o> Hemat Tenaga.(Manusia).

o>Tanaman Lebih Banyak Dapat Oksigen.

o> Meringankan Pertumbuhan Patogen Karena Oksigen Tambahan Yang Didapatkan.

Nah,Itulah informasi tentang Teknik Hidroponik yang pertama,Aeroponik.Semoga informasinya bermanfaat untuk anda. Dan untuk anda yang berminat ber hidroponik dan belum punya peralatannya  anda bisa mendapatkannya di Panchids!! Oke, Selamat mencoba

Salam Panchids!!

Sumber
Terima kasih telah membaca artikel tentang Pengertian Hidroponik + Teknik-Tekniknya di blog Panchids Hidroponik jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :